Vorlube MPT2, Uji Ketangguhan Mendaki Kawah Ijen

Uji Ketangguhan Vorlube MPT2 Mendaki Kawah Ijen
vorlube mpt2, oli mineral 20w-40 murah meriah cocok buat matic

Jadwalbalap.com – Vorlube, mungkin orang tak familier dengan oli lokal yang diproduksi Petromitra Pasific Internusa-Tangerang atau lebih dikenal juga Petroasia ini. Banyak mengira ini oli murah, memang vorlube dibilang murah meriah. Vorlube dengan kekentalan 20W-40 dihargai 21.500-22.500 (Juni 2022) di Shoppe bebas ongkir. ada 2 jenis MPT1 (bebek) dan MPT2(Matic).

Disini kita mencoba Vorlube versi matic atau MPT2 tapi jika dibandingkan dengan tipe MPT1 tidak jauh beda. Sama-sama oli mineral dengan kekentalan 20W-40 dengan API yang hanya sampai SF, ini diujicobakan ke Honda Genio 2020 yang sebenarnya spesifikasi standarnya memakai kekentalan 10W-30 lebih encer.

Tapi sedikit aneh Vorlube MPT2 ini tak mencantumkan JASO MB yang diperuntukkan untuk kopling kering matic, apalagi kekentalan 20W-40 lebih kental mirip oli mineral yang beredar dipasaran seperti Pertamina atau Federal.

Kebanyakan dari spesifikasi mesin matic memakai oli encer karena tidak memakai kopling basah seperti motor bebek atau sport hingga kinerja mesin tidak terlalu berat. Ada yang beramsumsi bahwa jika memakai oli kental akan memperberat kinerja kerja mesin matic atau sebaliknya jika memakai oli encer suara lebih kasar. Kedua asumsi tersebut sama benarnya.

Vorlube MPT2 ini fix oli kental, apakah bisa dipakai untuk matic? Jawabannya bisa. Oleh karena itu kita uji coba untuk trek mendaki ke kawah Ijen dari jalur Bondowoso. Start dari Jember menuju ke Kawah Ijen sekitar 99,4 km.

Awalnya Honda Genio 2020 memakai oli standar 10W-30 dari AHM MPX2 terus beralih ke Federal Matic. Kemudian pindah ke Vorlube MPT2 20W-40 kapasitas 800 ml, waktu dituangkan ke mesin Genio warna coklat bening dan kental. Sewaktu di starter, suara lebih senyap daripada sebelumnya dan tidak ada overheat yang berlebihan.

Waktunya test ride ke ke kawah ijen, berboncengan 2 orang dengan bobot 78 kg jadi total 156 kg diatas Genio 2020. Waktu tempuh yang dibutuhkan ke kawah ijen sekitar 3 jam, start pada siang hari jam 2 dengan estimasi jam 5 sampai pospaltuding pintu masuk ke kawah ijen yang dibuka jam 2 malam.

baca juga : cara membaca pin CDI

Bensin pertalite full tank dengan biaya 25 ribu, kita start dengan memakai vorlube. Pada trek lurus menuju kota Bondowoso, Genio tidak ada kendala sama sekali. Kecepatan 60-80 km/jam digeber non stop, tidak ada trouble. Memasuki kawasan Ijen geopark Bondowoso yang penuh tanjakan, Genio smooth melibas tanjakan.

Hebatnya Vorlube atau oli dengan SAE 20W-40 tidak panas berlebihan, kekentalan itu yang melindungi dari panas berlebihan dan tidak cepat menguap. Vikositas oli 20w-40 lebih melekat pada bagian logam hingga gesekan bisa dikurangi yang menyebabkan panas berlebihan.

Uji Ketangguhan Vorlube MPT2 Mendaki Kawah Ijen
Keindahan kawah ijen di pagi hari bisa dinikmati berkat kehandalan vorlube membawa Genio naik kesini.

Tarikan responsif, ada yang kuatir oli kental ini akan menghambat kinerja mesin malah salah besar. Sebelum naik ke kawah ijen, Vorlube ini sudah ditest mencapai 1000 km pertama dan hasilnya tidak kendala berarti sama sekali. Mesin lebih adem, start pagi hari lancar dan tarikan lebih responsif. Hal yang terpenting adalah tidak ada suara kasar pada mesinnya.

Jam 5 lebih 10 menit kita sampai di pospaltuding, mesin genio tidak terasa panas apalagi suhu cuaca saat itu 13 derajat. Mesin Genio bersistem berpendingin udara, suhu dingin membantu mendinginkan apalagi ditambahkan SAE kental dari Vorlube.

Berkat ketangguhan serta kehandalan Vorlube, kita bisa sampai Kawah ijen dan menikmati saat sunrise. Kemudian kembali besok hari untuk kembali pulang, Mesin Genio dibiarkan selama 12 jam melawan udara dingin 13 derajat, kemudian distater untuk perjalanan pulang langsung greeng tidak ada masalah sama sekali.

Perjalan pulang melihat rute sebelumnya, Kekentalan Vorlube masih terjaga dan memberikan performa mumpuni. Kesimpulan Vorlube ini dibilang oli murah tapi bukan murahan tapi lebih cocok untuk ketahanan di jalan bukan kecepatan. Oli mineral API SF mampu melindungi gesekan logam dan panas berlebihan, itu ciri khas oli kental.

Vorlube ini cocok buat rider harian atau mau turing yang cekak kantongnya yang ingin mengganti oli motor matic. Jangan kuatir jika tidak sesuai spek pabriknya yang membutuhkan 10W-30 yang lebih encer. Vorlube tidak mengecewakan. jbc

 

jadwalbalapdotcom

admin jadwalbalapcom and gembelgaul.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *