BengkelNews

Motul Scooter 10W-40 dan Gunung Gumitir, Paduan Istimewa Jelajah Jalur Misterius

Motul Scooter 10W-40 dan Gunung Gumitir, Paduan Istimewa Jelajah Jalur Misterius
Motul Scooter 10W-40 dan Gunung Gumitir, Paduan Istimewa Jelajah Jalur Misterius

Jadwalbalap.com – Motul 10 W-40 ini dengan cap “scooter” yang memang diperuntukkan untuk matic dan sejenisnya, sekilas terlihat full sintetis tapi bukan dan ini semi sintetis (campuran mineral dan sintetis).

Motul sendiri buatan Prancis, khusus Indonesia diimpor oleh PT. Motul Indonesia Energy dari pabrik globalnya di Vietnam. Karena barang impor so pasti dicap oli mahal, dipasaran dijual 85-100 ribu untuk Motul 10 W-40 semi sintetis ini.

Masa pemakaian semi sintetis diklaim hanya 5000 km (3 bulan) lebih cepat daripada full sintetis yang bisa 10.000 km(6 bulan).

Kami berusaha menguji coba Motul 10 W-40 ini ke Honda Genio 2020 yang sebelumnya telah memakai Pertamina Enduro Matic 10 W-30 full sintetis.

baca juga : naik gunung pakai matic !??

Sebelum penggantian oli, Honda Genio ini mengalami gejala tarikan mbrebet saat mesin panas dan tiba-tiba mati mendadak, analisa awal injeksi kotor tapi setelah diganti oli dan dicek filter oli telah menumpuk kotoran yang menyumbat, akhirnya dibersihkan dan diganti Motul.

Saat dituang Motul bertekstur kuning bening menandakan oli bagus, klaim oli encer tapi sekilas sedikit kental mungkin campuran mineral didalamnya. Setelah diganti dan distar by kick stater, suara mesin lebih smooth daripada sebelumnya.

Agar bisa mengetahui ketangguhan dari “Technosynthese” yang diklaim Motul hemat BBM, anti aus dan panas saat digeber kecepatan tinggi. Kami mengetestnya ke arah jalur gunung Gumitir, dari kota Jember ke arah Banyuwangi dengan menempuh 47 km dengan berboncengan.

Kita isi bensin Pertalite 30 ribu (3 liter) dan indikator full di Genio, kebetulan turing bersamaan Yamaha Aerox 2021 juga mengisi bensin sama dengan Genio untuk komparasi.

Perjalanan dilakukan pagi hari jam 8 menyusuri jalan Jember-Banyuwangi, Genio yang berboncengan dengan 2 orang dengan berat masing-masing 78 kg dan 63 kg, total membopong 141 kg terasa enteng saja di trek lurus dan tikungan.

Jalur gunung Gumitir terkenal tikungan-tikungan dilibas dengan mudah, top speed digeber 80 km/jam tidak terjadi overheat.

Motul Scooter 10W-40 dan Gunung Gumitir, Paduan Istimewa Jelajah Jalur Misterius
View Hutan Pinus Sidomulyo di kawasan gunung Gumitir bikin adem setelah turing.

Pemberhentian pertama di kawawan agrowisata hutan pinus Sidomulyo, disini kami berhenti sejenak dan cek indikator bensin Genio belum turun sama sekali dan sebaliknya Aerox sudah turun 1 bar.

Selesai berswa foto di hutan pinus, kita geber kembali kondisi dingin dan mesin start dengan mulus biarpun Motul 10W-40 ini tergolong encer. Kita mulai menyusuri jalur Gumitir yang terkenal misterius, tujuan ke -2 ke café Gumitir untuk mengisi perut terlebih dahulu sambil menikmati pemandangan kereta melintas gunung Gumitir.

Setelah kenyang, kita terus gas ke arah Kalibaru dan disini akan melewati patung penari gandrung yang rumornya bisa menari sendiri di tengah malam. Disinilah batas perbatasan Jember dan Banyuwangi dipisahkan.

Tarikan gas Genio terasa enteng melibas tikungan Gumitir, sampai keenakkan hampir jatuh karena terlalu enak mainkan gas..benar-benar responsif nih Motul.

baca juga : ganti oli trasmisi matic wajib 8 bulan sekali, ini merk yang bisa dipilih

Tujuan akhir kita ke arah Kalibaru Cottages untuk menginap 1 hari untuk menghilangkan penat dengan berenang dan main billard, tempat ini bisa jadi rekomendasi turing dari arah Jember ke Banyuwangi.

Hujan mulai turun dan terasa segar yang sebelum panas kering kerontang, saat pengecekan motor diparkir, indikator Genio hanya turun 1 bar sedangkan Aerox sudah 3 bar. Ini membuktikan bahwa Honda colaps Motul irit bahan bakar.

Setelah beristirahat di Kalibaru Cottages, kita lanjut perjalanan pulang ke Jember melewati jalur Gumitir sekali lagi.

Dan selama 1, 5 jam dengan menempuh 47 km bolak-balik, Genio yang dituangkan Motul Scooter 10W-40 ini tidak ada kendala. Gejala brebet sebelumnya tidak diketemukan sama sekali dan start sekali langsung greng.

Sipnya lagi suara mesin lebih halus, biarpun nih Motul tergolong encer yang SAE kecil bikin mesin berisik tapi ini tidak. Motul Scooter 10W-40 ini memang diperuntukkan matic, terlihat label MB (kopling kering) dan API sudah SM tertinggi. Harga mahal tidak menipu, recommended. jbc

jadwalbalapdotcom

admin jadwalbalapcom and gembelgaul.com

Tinggalkan Balasan