BengkelNews

Bedah Teknologi Powertrain Alva Cervo, Kok Bisa Tembus 103 km/jam

Bedah Teknologi Powertrain Alva Cervo, Kok Bisa Tembus 103 km/jam
Bedah Teknologi Powertrain Alva Cervo, Kok Bisa Tembus 103 km/jam

Jadwalbalap.com – Mungkin Alva Cervo masih memegang rekor motor listrik tercepat di kelasnya saat ini, bayangkan bisa tembus 103 km/jam dan ini lebih kencang dari tipe sevelumnya Alva One. Apa yang bikin beda ?

Mari kita cari tahu, rahasianya pada powertrain generasi baru yang dikeluarkan oleh Alva. Jika motor listrik pada umumnya memakai model motor hub yang tersambung langsung di roda belakang tapi Alva Cervo ini tipe Mid Drive.

Tipe penggerak Ini amini oleh tambah COO & Chief Engineer Alva, Septriwan Rahmat bahwa “Alva Cervo memakai penggerak tipe mid drive, pulley dan belt sebagai penggerak motor drive belakang sehingga lebih lincah dan bertenaga dari tipe sebelumnya Alva One model hub drive”

Jika kalian jeli, mid drive milik Alva Cervo ini terdapat tutup oli gardan dan lubang pembuangan sama dengan matic pada umumnya. Artinya ada gigi gear yang terhubung pada teromol pelek belakang. Apakah harus diganti oli juga ?

Jawabannya iya, pihak Alva mengklaim bahwa penggantian setahun sekali dengan oli gardan yang beredar di pasaran SAE 90 dan khusus beltnya normal pemakaian 3-4 tahun. Ada garansi dan penggantian langsung di dealer Alva.

Artinya Mid Drive ini tidak terhubung langsung tapi pakai perantara yaitu pully dan belt mirip motor matic. Disini rahasia gabungan belt matic ini dengan powertrain Alva yang berspek torsi 53,5 Nm dan tenaga 13,1 dk.

baca juga : tipu daya Alva Cervo gaet konsumen

Ibaratnya seperti mesin konvensional matic tapi listrik, powertrain nex gen Alva ini layaknya mesin bensin tapi lebih powerfull. Bahkan tenaga yang dihasilkan lebih besar daripada motor listrik lainnya yang beredar disini.

Torsi dan tenaga yang dihasilkan malah lebih besar dari saudara tuanya yaitu Alva One. Spek powetrain Alva one cuma memiliki torsi 46,5 Nm dan tenaga 5,3 dk saja itupn mampu menembus top speed mentok 90 km/jam lebih dikit.

Powertrain yang gahar harus didukung suplai energi yang memadai juga, Alva Cervo dilengkapi baterai lithium tipe non swap 2 buah. Satu baterai lithium berdayakan 73,8 V 24 Ah, dengan 2 baterai tersebut Alva Cervo mampu menempuh 125 km.

Spek baterai ini juga termasuk tinggi, milik Alva One yang lebih dulu keluar hanya 60V 45 Ah. Enaknya tipe baterai model swap hingga bisa dipindahkan untuk charger bergantian, waktu charge 4 jam dengan kekuatan 1500 watt. Tiap rumah bisa mengecharge atau stasiun pengisian motor listrik manapun bisa, ini yang memudahkan bukan sistem baterai tanam yang harus bersama motornya. Khusus Alva Cervo memakai baterai non swap tapi bisa dicharger luar dengan docking external.

Powertrain Alva Cervo ini tipe brushless yang diklaim tahan lama dan tidak overheat, dirangkaian statornya terdapat modul tambahan yaitu ESC (Electronics speed controller). Dan ini rahasia tambahan top speed gila-gilaan Alva Cervo, sistem ESC itu didukung dengan tiga mode berkendara yaitu Eco, Urban, dan Sport dan dilengkapi dengan “Boost”.

Bedah Teknologi Powertrain Alva Cervo, Kok Bisa Tembus 103 km/jam
Rahasia top speed Alva Cervo terletak pada tombol boost merah ala Fast n Furious.

Khusus tombol Boost ini ala NOS Fast n Furious, saat pada mode terakhir sport dengan menekan tombol boost akan meningkatkan tenaga di powertrain hingga ada hentakan energi untuk menghasilkan top speed 103 km/jam dan tak terasa ini motor listrik.

Itulah rahasia top speed Alva Cervo yang belum dimiliki oleh motor lainnya dan banyak fitur keren macam fitur anti banjir dibuktikan mampu bergerak dikedalaman 50 cm.

Fitur lainnya terintegrasi melalui aplikasi My ALVA dengan tambahan fitur-fitur digital yang lebih advanced, di antaranya Theft Prevention yaitu fitur yang berfungsi untuk mencegah terjadi pencurian, Fall Down Alert yang berfungsi untuk menginformasikan jika motor terjatuh dan menginformasikan kepada orang terdekat yang telah dipilih.

Fitur Geofencing Alarm yang akan menginformasikan jika motor berjarak lebih dari 50m dari pengguna. Dengan aplikasi My ALVA Apps, pengguna ALVA Cervo juga bisa mendapatkan pengalaman mobilitas lewat berbagai fitur terbaru seperti Battery Status Checking, Live Map Tracking, Trip History & Analytic, hingga Social Media Share.

baca juga : cara membikin flasher sein sein sendiri

Desain ALVA Cervo memberikan kesan sporty dengan menggunakan lampu depan dan belakang LED projector yang agresif, velg 14” yang menambah kesan kokoh, serta layar dashboard TFT LCD dengan tampilan full screen dan full color yang dapat berubah warna latar day/nightmenyesuaikan dengan kondisi sekitar, memudahkan pengendara untuk melihat informasi dengan jelas.

Tidak hanya menawarkan fitur canggih, ALVA juga melengkapi layanannya dengan fasilitas call center dan road assistance selama 24 jam untuk menjamin kenyamanan pengguna selama beraktivitas.jbc

 

 

 

 

jadwalbalapdotcom

admin jadwalbalapcom and gembelgaul.com

Tinggalkan Balasan