News

Napak Tilas 40 Tahun Hino, Berawal Bus Bantuan Jepang Menuju Euro 4

Napak Tilas 40 Tahun Hino, Berawal Bus Bantuan Jepang Menuju Euro 4
Napak Tilas 40 Tahun Hino, Hino EV jadi produk masa depan.

Jadwalbalap.com – Napak Tilas Hino di Indonesia tak terlepas dari kunci sukses yaitu produk kendaraan niaga yang sesuai dengan kebutuhan pasarnya.

Produk yang sesuai dengan kebutuhan itu bisa di-delivery karena didukung “sasis” khusus yang sesuai kebutuhan pasar Indonesia.

Pengembangan sasis yang “fit” dengan kebutuhan pasar Indonesia ini kembali berlanjut pada periode “40 tahun kedua”.

Merek Hino ini di Indonesia boleh dibilang tua-tua keladi, makin tua makin berisi. Pada usia 40 tahun, Hino masih konsisten unjuk gigi lewat prestasi. Terbukti, bila dilihat dari penetrasi pasar Hino di Tanah Air.

Melalui kepanjangan tangannya di Indonesia, yakni PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), sudah 23 tahun Hino menjadi pemimpin pasar, khususnya di segmen Medium Duty Truck (MDT).

Sedikit mengacu dari data yang disodorkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (GAIKINDO). Selama periode Januari hingga Desember 2022, tertera kalau Hino mampu melepas 29.880 unit armadanya ke pasaran.

Untuk tahun 2022 juga bisa dikatakan, bahwasanya Hino berhasil membungkusnya dengan baik. Hasil penjualan yang dibukukan Hino kelihatan berkilau.

Tercatat Hino sukses mengantongi penjualan sebanyak 19.793 unit, atau naik 51 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.

baca juga : duet mantap jiwa Hino dan Adiputro

Dalam perayaan 40 tahun Hino Motors di Indonesia, berlokasi di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Rabu (18/1/2023), COO-Director HMSI Santiko Wardoyo menyampaikan, pasar kendaraan komersial re-covery dan memperlihatkan pertumbuhan, seperti ketika tahun 2019 sebelum pandemi.

“Untuk itu kami pun cukup puas dengan raihan penjualan di 2022 yang naik tinggi. Hasil ini juga memantapkan posisi Hino sebagai market leader, atau penguasa segmen MDT selama 23 tahun terakhir. Lewat raihan 59 persen market share,” ungkapnya.

Lebih jauh dikatakan Pak San, panggilan akrab Santiko Wardoyo, bahwa Hino500 Series berkontribusi cukup signifikan di kategori MDT ini. “Sumbangsih Hino500 Series di segmen MDT tergolong tinggi. Hino yang sudah menjadi market leader selama 23 tahun di segmen tersebut dibantu Hino500 Series, dengan berkontribusi terhadap penjualan sebanyak 16.411 unit.

Napak Tilas 40 Tahun Hino, Berawal Bus Bantuan Jepang Menuju Euro 4
Hino sudah berstandar emisi Euro 4 dan diriset sesuai kebutuhan pasar Indonesia.

Artinya, penjualan MDT Hino tersebut naik 78 persen, jika dibandingkan tahun sebelumnya yang membukukan 9.242 unit.

Tentunya bukan sebuah angka yang kaleng-kaleng. Lantas bagaimana capaian Hino di kategori yang lain? Dijelaskan, untuk kategori truk ringan atau Light Duty Truck, masih dipegang oleh Hino Dutro. Dimana varian Dutro berhasil memboyong angka penjualan sebesar 13.122 unit, atau meningkat 26 persen jika dibandingkan dengan penjualan tahun sebelumnya.

“Melalu capaian Dutro di segmen LDT tersebut, hal ini juga berdampak pada market share Hino Dutro yang meningkat. Dari semula sebesar 18.9 persen, kini menjadi 20.3 persen,” ungkapnya.

Jejak Hino di Indonesia sudah selama 40 tahun dan ini napak tilas :

1967

Hino pertama kali hadir di Indonesia pada 1967 atau 55 tahun lalu, di mana 150 unit Hino Bus BT51 dikirim oleh pemerintah Jepang untuk bantuan kepada pemerintah Indonesia. Baru pada 1982, perusahaan PT Hino Indonesia Manufacturing berdiri.

1982

Sejarah baru dicatatkan pada 1982 dengan didirikan perusahaan PT Hino Indonesia Manufacturing (HIM) di mana ini yang menjadi awal catatan sejarah 40 tahun Hino Indonesia.

1985

PT HIM mulai memproduksi mesin pertamanya, yaitu H07C-D4. Lalu disusul oleh peluncuran Hino truk FF 172/173 LA. Mesin H07C-D4 menjadi eksistensi pertama Hino Indonesia Manufacturing pada 1985.

1986

Sebelumnya Hino tipe truk berkode FF 172/173 LA sudah diluncurkan di tahun 1985, kemudian menyusul Hino Bus AK yang bermesin depan diluncurkan pada 1986 yang kemudian menjadi penguasa di kategorinya.

1989

Hino truk FF172/173MA meluncur. Model satu ini memiliki eksterior dan kabin berwarna hijau atau Indonesia Green. Sejak saat itu, muncullah julukan si kepala hijau yang dikenal sampai sekarang.

1990

Hino Bus RK 174LA resmi diniagakan di Indonesia. Kehadirannya menjadikan Hino sebagai pabrikan pertama asal Jepang yang mengeluarkan bus bermesin belakang di Indonesia.

1991

Hino Jumbo Ranger FL176 MA (6×2) dan FM226MD (6×4) lahir dan menjadi cikal bakal Hino Ranger FL serta FM JD series.

2002

Hino masuk ke segmen light duty truck di Indonesia dengan meluncurkan Hino Dutro.

2011

Hino mulai melakukan ekspor komponen dan suku cadang butan dalam negeri. Memasuki 2011, Hino Indonesia mulai melakukan ekspor komponen dan suku cadang,

2014

Hino menjadi merek kendaraan komersial pertama dan satu-satunya produsen di Indonesia yang mengekspor truk secara Complete Built Up (CBU) ke 19 negara.

2015

Hino New Generation Ranger meluncur di Indonesia. Kehadirannya di Indonesia merupakan debut dunia.Hino Indonesia menjadi yang pertama di dunia meluncurkan Hino New Generation Ranger, yang kemudian model ini turut digunakan untuk market Hino di negara-negara lain.

2022

Bersamaan dengan perayaan 40 tahun, Hino jadi merek kendaraan komersial pertama di Indonesia yang meluncurkan kendaraan dengan standar emisi Euro 4 pada Maret 2022. Tahun ini, Hino memanfaatkan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2022 untuk meluncurkan produk baru di segmen pikap, yakni Hino200.

Napak Tilas 40 Tahun Hino, Berawal Bus Bantuan Jepang Menuju Euro 4
Strategi Hino berhasil jadi penguasa di Indonesia selama 23 tahun terakhir.

Riset terus dikembangkan Hino untuk kebutuhan pasar Indonesia, sejak 2020 Hino sudah membangun kantor regional di Thailand yang antara lain mengurusi kegiatan riset dan pengembangan (R&D) untuk pasar kawasan Asia Pasifik.

Seno Wirdiyawantoro, Product Division Head HMSI yang mengutip pernyataan Takeshi Yokoyama, Management Advisor PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI), menjelaskan kami selalu berkolaborasi dengan prinsipal. Salah satu ikhtiar baru prinsipal kami adalah mendirikan Hino Motors Asia di Thailand pada 2020.

“Regional office kami mengurusi kegiatan R&D untuk kawasan Asia Pasifik termasuk Indonesia supaya kami lebih cepat dan responsif terhadap kebutuhan pasar,” ujar

Meski berada di Thailand, lanjut Seno “Kantor regional tentu akan banyak berkomunikasi dengan Hino Indonesia.  Sebab kami lah yang paling tahu kebutuhan pasar dan konsumen kendaraan niaga di Indonesia. Maka itu, kami pula yang menerjemahkannya untuk dikembangkan menjadi real product di Thailand”.

Hino sertifikasi Standar Emisi Euro 4

Ada 60 model Hino Euro 4 yang diluncurkan sejak bulan tersebut, seperti Hino Ranger FMX 280 TH, Hino Ranger FLX 280 JW (8×2), Hino Ranger FG 260 JU, Hino Ranger FLE 260 JW (6×2), serta Hino Dutro 136 HDX 5.8 Plantation

Ada truk listrik Hino Dutro Z EV. Semua unit truk dan bus Hino yang dipamerkan sudah menggunakan mesin diesel dengan standar Euro 4, dan mereka menjadi yang pertama melakukannya yakni pada Maret lalu.

baca juga : supra si bapak disulap jadi truk

Dan yang terbaru, pada 2022 bersamaan dengan perayaan 40 tahun napak tilas Hino menjadi brand kendaraan komersial pertama di Indonesia yang meluncurkan kendaraan dengan standar emisi Euro4 pada Maret 2022.

Hino berhasil menjadi market leader dengan pangsa pasar di atas 50 persen untuk medium duty truck (MDT) selama 22 tahun terakhir.jbc

 

 

jadwalbalapdotcom

admin jadwalbalapcom and gembelgaul.com

Tinggalkan Balasan