Demi IMX 2022, Atta Halilintar Beli Avanza di OLX Autos Untuk disulap EV “Sejuta Umat” Generasi Pertama

Demi IMX 2022, Atta Halilintar Beli Avanza di OLX Autos Untuk disulap EV “Sejuta Umat” Generasi Pertama
Atta Halilintar butuh 2 bulan untuk menyiapkan Avanza EV untuk IMX 2022.

Jadwalbalap.com – Avanza tahun 2010 ini dibeli Atta Halilintar di OLX Autos  kisaran harga 100 juta, setelah itu diobrak-abrik dan disulap menjadi Avanza EV generasi pertama. Hal ini terjadi gara-gara challenge untuk adu mekanik di perang bintang IMX 2022, demi mewujudkan itu doi menggandeng modifikator kawakan yaitu Tomi Airbrush.

Atta memberikan konsep itu tak lebih dari 2 bulan, Tomi sang jurangan agak kelimpungan untuk memenuhi keinginan raja youtuber Indonesia ini. Tapi dari skill dan pengalaman, Tomi akhirnya menyanggupi permintaan tersebut.

“Idenya konsep car,tampilan futuristik dan lebih istimewa lagi mesin sudah electrik. Ini juga mendukung pemerintah untuk konversi konvensional ke electrik “ ujar modifikator yang awalnya dikenal sebagai airbrusher ini.

Kesulitan awal adalah untuk mengeset mesin elektriknya ke dalam kompartemen mesin asli mobil sejuta umat ini. Tomi harus membopong baterai rakitan sebesar 80 V yang digunakan menggerakkan dinamo rotor elektriknya. “Biasanya modifikator lainnya menempatkan dibagian bagasi tapi ini tetap di depan. Jika ada modifikator merubah menjadi hybrid saja tapi punya Atta ini full EV” tambahnya.

Demi IMX 2022, Atta Halilintar Beli Avanza di OLX Autos Untuk disulap EV “Sejuta Umat” Generasi Pertama
Mesin full EV disupport baterai lithium 80 V 20 KW.

Karena kapasitas baterai utama sebesar 80 v 20 KW ini terlalu besar untuk sistem kelistrikan, Tomi membuat second baterai berukuran 12 volt. Jadi Avanza EV ini mempunyai 2 baterai ; satu untuk penggerak dan satu lagi untuk kelistrikan. Awalnya ingin memakai satu beterai di serta komponen step down tapi diurungkan kuatir overload hingga terjadi  shortcut berakibat buruk karena semua sistem elektrik semua.

Setelah sistem pemasangan telah dilakukan , saatnya test drive. Avanza EV ini mampu mencapai jelajah 175 km dengan kecapatan 80 km/jam “Ini bisa disetting kembali via laptop, mau kenceng bisa tapi kapasitas baterai berkurang dan membutuhkan daya lebih” tambah Tomi yang workshopnya di daerah Jakarta Barat ini.

Demi IMX 2022, Atta Halilintar Beli Avanza di OLX Autos Untuk disulap EV “Sejuta Umat” Generasi Pertama
Simple Interior dengan tampilan duo tone tapi menghilangkan rasa Avanza.

Enaknya mesin elektrik ini ada fitur reverse, tinggal klik tombol maka penggerak dinamo akan berputar sebaliknya hingga mendapatkan daya mundur. Secara harfiah, mesini listrik layak jalan dan tidak ada kendala. tinggal di charge 6 jam sudah full baterai tanpa harus ke pom bensin.

Kekurangan mesin elektrik ini adalah cost konversinya yang masih mahal, menurut Tomi bahwa doi harus mendapatkan part EV ini dari Cina dengan harga 300 jutaan yang tak sebanding dengan membeli Avanza di OXL Autos seharga 100 juta. Tapi demi inovasi dan IMX 2022 serta permintaan sang “Big Boss”, Tomi rela lembur.

Tapi Avanza EV generasi pertama masih jauh dari kata sempurna, karena dikejar waktu tayang. Bodi yang bergradasi silver ini hanya bermain fiberglass pada bagian depan belakang. Berkonsep no Wheel, bagian pelek ditutupi fiber dengan led biru terkesan futuristik.

Demi IMX 2022, Atta Halilintar Beli Avanza di OLX Autos Untuk disulap EV “Sejuta Umat” Generasi Pertama
Ini menjadikan Avanza Atta Halilintar pertama EV di Dunia.

Sedangkan dibagian interior tidak terlalu mewah hanya pengantian jok racing dan pemasangan layar kamera rear dan front. Nuansa duo tone putih biru terasa kental didalam interior tapi tidak menghilangkan kesan Avanza-nya.

Atta Halilintar memang brilliant, disaat kompetitor lainnya mengunakan high price car tapi doi pakai cheap car atau mobil sejuta umat. Atta merubah mobil murah ini jadi sesuatu yang jenius, ini mobil masa depan. Dalam 10 tahun ke depan jalanan Indonesia semua akan memakai mobil listrik dan polusi tidak ada lagi. Ini yang bangsa ini inginkan, no polusi save the earth. jbc

baca juga : Supra bapak jadi mini truk

 

jadwalbalapdotcom

admin jadwalbalapcom and gembelgaul.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *