Bengkel

13 Tips Membeli Mobil Bekas Anti Prank Caroline

13 Tips Membeli Mobil Bekas Anti Prank Caroline
13 Tips Membeli Mobil Bekas Anti Prank Caroline

Jadwalbalap.com – Industri jual beli mobil bekas telah berkembang jauh, tidak hanya sekedar sistem tradisional yang hanya dengan bertemu tatap muka dan kemudian deal. Tapi jaman sekarang serba online dan ini dimanfaatkan oleh caroline.id, sebuah platform jual beli mobil bekas online untuk mencuri pasar second hand ini.

Membeli mobil bekas lewat caroline.id ada garansi 7G+ yang mencakup mulai dari mesin, transmisi, AC, rem, kelistrikan, penggerak dan kemudi.

Caroline mencoba standar baru dalam jual beli mobil bekas secara online dan ini diamini oleh CEO PT Autopedia Sukses Lestari Tbk, Jany Candra yang menaungi caroline.

“Kami sangat memahami kekhawatiran dan risiko yang sering dihadapi pelanggan dalam membeli mobil bekas. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk memberikan solusi dengan meluncurkan program Garansi 7G+. Melalui program ini, kami ingin memberikan kepercayaan dan kepuasan kepada pelanggan kami,”.

baca juga : beli mobil bekas dapat garasi 7G+ dari caroline

Platform caroline ini memudahkan para pencari mobil bekas sesuai kebutuhan mereka tapi dari semua kemudahan tersebut kita harus menjadi konsumen yang cerdas dalam membeli mobil bekas dan ini tipsnya:

1.Survei adalah hal wajib

Biarpun dimudahkan dengan caroline dengan pencarian mobil bekas berkualitas tapi kita diwajibkan agar tidak membeli kucing dalam karung.

Knowlegde is power, pengetahuan adalah kekuatan. Kita harus menjadi konsumen cerdas, survey pertama yang kita lakukan adalah mengumpulkan data. Misal kita ingin membeli Wuling Air Ev, kita collect data seperti browsing internet, review youtube, testimoni atau pelajari spesifikasi dan harga agar tidak tertipu “harga miring”.

Karena semurah apapun mobil inceran kita pasti ada trouble didalamnya di kemudian hari. Jika data yang kita pelajari sudah komplit, tinggal kita survey mobil ditempat dengan melihat kondisi fisik secara nyata.

2.Cek Track Record

Ini hal penting sebelum membeli mobil bekas, track record atau sejarah pemakaian. Mulai itu tangan pertama atau second user, jangan tertipu dengan odometer yang rendah misalkan toyota carry keluaran 2020 tapi odometer masih 10.000 saja itu patut dicurigai.

Kemungkinan odometer diakali atau dimatikan agar tidak berputar normal tapi ketika dijual difungsikan kembali.

Cek penjual apakah pemilik atau makelar, jika makelar dipastikan mereka mencoba menjual barang semahal mungkin tapi kondisi mobil tak normal.

Lebih baik membeli dari pemilik awal karena mereka lebih terlihat “jujur” karena BU (butuh uang) dan menjual dengan kondisi yang sebenarnya.

13 Tips Membeli Mobil Bekas Anti Prank Caroline
Waspada jika mesin terlewat kinclong tidak ada rembesan oli.

3.Kelengkapan Surat-surat

STNK dan BPKB harus wajib ada, karena bisanya penjual ada yang nakal. STNK ada tapi BPKB “sekolah” alias digadaikan.

Ini biasa terjadi waktu diiklankan dengan harga murah tapi didatangi cuman STNK, jika mau BPKB-nya disuruh keluarkan biaya lebih untuk menebusnya.

4.Cek Online Samsat

Sebelum mantap membeli mobil bekas, kita perlu cek double dengan via online di situs samsat mulai dari blokir jual, tilang sampai hilang. Ini memastikan bahwa mobil bekas inceran kita bukan barang curanmor, belum bayar pajak dan belum membayar tilang.

5.Service Record

Mobil yang bagus adalah perawatan yang maksimal dan rajin servis sesuai standar masing-masing merk yang ditetapkan.

Contoh ganti oli rutin, ini menandakan mesin terjaga dan tidak overheat. Jika pemakaian oli full sintetik bisa 10.000 km dan mineral hanya 5000 km. Cek berapa kali ganti oli dan merk oli apa, jika tidak sesuai dan merk berganti-ganti maka ini mengakibatkan perlindungan keausan mesin mulai berkurang. Ini bisa ditandai dengan suara mesin kasar.

Garansi 7G+ Bikin Aman Beli Mobil Bekas Via Caroline.id
13 tips membeli mobil bekas dari caroline ini membuat anda menjadi konsumen cerdas.

6.Cek bodi Cara Ketuk

Perhatikan kondisi bodi apakah bekas tabrakan atau lecet, karena akan terlihat ada tambalan dempul dan diketuk dengan jari suara tidak nyaring. Jika mobil banyak dempulan secara kasat mata, bentuknya tidak simetris.

7.Selalu Tanyakan Kunci Cadangan

Kunci cadangan juga penting karena jika penjual tidak mempunyai alias zonk, maka kita akan kesulitan jika kehilangan kunci utama. Kita tak bisa membuka atau menyalakan mesin apalagi memakai sistem immobilizer yang mempunyai fungsi mencari lokasi secara press button.

8.Jangan Percaya Kondisi Mesin Kinclong

Waktu membuka kap mesin dan melihat mesin begitu bersih kinclong seperti kaca cermin, anda harus curiga. Bisa jadi tidak pernah dipakai atau dibersihkan total untuk dijual kembali, jika pemakaian normal pasti ada sedikit debu dan kerak yang melekat.

9.Rembesan Paking Mesin

Ini perlu dicek dengan menyalakan mesin selama 10-15 menit,dengarkan mesin apakah ada suara yang mencurigakan atau kasar. Kemudian didiamkan dan amati dibawa kap mesin apakah ada tetesan oli atau rembesan sekitar paking.

13 Tips Membeli Mobil Bekas Anti Prank Caroline
Perhatikan ban apakah banyak tambalan tubles atau bocor halus.

10.Cek Kadar Karat

Karat cenderung disebabkan oleh air yang menelusuk masuk atau lebih tepatnya terkena banjir. Air garam menggrogoti besi, cek sisi bodi dan mesin apakah terlihat karat yang berlebihan atau tidak. Jangan beli mobil bekas jika bekas tergenang banjir.

11.Keausan Ban

Ban perlu dicek juga, kebanyakan mobil sudah memakai ban tubles. Cek apakah sering ditambal atau bocor halus. Cara melihat lebih mudah dengan memutar ban dan akan terlihat bekas tambalan tubles.

Periksa bocor halus dengan air sabun, semprotkan ke seluruhan permukaan ban jika ada gelembung-gelembung maka ada angin menerobos.

12.Pantau Warna Asap Knalpot

Saat kita menyalakan mesin maka sistem gas buang akan bereaksi, amati dan perhatikan seksama. Jika warna putih ini menandakan bahwa ada oli yang terbakar lewat ruang bakar, ini yang berbahaya oli mesin berkurang banyak dan menyebabkan keausan.

Jika berwarna hitam, ini menandakan pengapian tidak sempurna terjadi, timing pengapian tidak tepat dan harus disetel ulang. Ini bisa terjadi pada busi yang aus atau waktunya ganti.

baca juga : cara memperbaiki pelek penyok bekas kecelakaan

13.Test Drive Ragam Jalan

Ini hal terakhir yang dilakukan jika semua yang diatas telah lolos inspeksi, test drive mobil bekas inceran dengan berbagai tipe jalan mulai dari tanjakan, polisi tidur, jalan berkelok, berlubang. Kita bisa merasakan dengan kemudi power steering apakah lebih smooth atau mudah dikendalikan.

Kontrol adalah number one, mobil bekas inceran kita tangguh dalam berbagai kondisi maka layak dipinang. Dan itulah 13 tips membeli mobil bekas yang perlu anda tahu.

 

 

jadwalbalapdotcom

admin jadwalbalapcom and gembelgaul.com

Tinggalkan Balasan