fbpx

Restorasi Zero Anak Senja

Restorasi Zero Anak Senja
Restorasi Zero Anak Senja.

Honda CB 100 K5 1980 Tulungagung

Jadwalbalap.com – Restorasi mulai dari nol di lakukan Chardo untuk Honda CB 100 dengan mesin K5 yang legendaris ini tanpa sebab.

Sejarah CB100 ini mangkrak lama dan peninggalan sang kakek, karena nggak pengen nasibnya jadi besi tua yang hanya laku dijual ke tukang loak maka Chardo dengan semangat 45 melakukan peremajaan total.

Chardo berusaha se-orisinil mungkin mulai mesin sampai rangkanya, mesin kapasitas 99 cc bertato K5 tidak dioprek habis.

Mesin cuman dibenahi sitem pengapian dan karbu, motor tua penyakitnya ada 2 hal tersebut. CB100 K5 dari 9 volt diubah 12 volt, kemudian platina diubah CDI biar lebih jos dipakai harian.

baca juga : CDI jebol ?? bikin saja sendiri

Sistem karbu dipercayakan Mikuni Made in Japan yang terkenal tangguh dan irit, pembersihan kerak ruang bakar dan knalpot dikerok habis agar in dan out lega saat pembakaran top pistonnya.

Sistem kopling 4 percepatan tidak slip dengan memakai oli SAE kental dari mesran 20W-40, oli ini mampu melumasi dan memberi kesan adem jika digeber lama.

Kabel-kabel dibenahi mulai lampu belakang sampai depan, aki 12 volt dipasang untuk support lampu depan agar tidak sering putus karena CB100 ini masih memamakai pengapian AC yang mengandalkan putaran mesin magnat dan spulnya.

Mesin kelar, Chardo beralih ke rangka dan tangki. Warna asli dikerok dengan paint remover dan dipoles ulang dengan dempul kemudian ditimpa cat plus epoxy warna hitam glossy yang merupakan ciri khas CB100 dijamamnya.

Ditambah pin stripping merah dengan logo timbul Honda hingga terkesan rasa klasik kentara saat siapapun memandangnnya.

Warna hitam di tangki itu sepadan dengan  silver bercorak abu-abu yang disematkan pada mesin segaris OHC tersebut.

Fokus dialihnya pada bagian kaki-kaki, pelek kaleng 140×17 dari DID dibalut karet IRC kombinasi 250×17 dan 275×17 kembangan kotak klasik.

baca juga : ban motor tua jadi kinclong pakai semir buatan sendiri

Kedua pelek tersebut masih dikawal pengereman drum brake, model ini masih dipertahankan karena kesan klasik akan menambah restorasi CB 100 ini.

“Peninggalan kakek ini sudah selesai restorasi zero to hero dan tinggal diwariskan kepada cucunya” seru Chardo yang menyerahkan restorasi CB keren ke anaknya Wildan Ravino Aditia aka  Chardo Junior, si Anak Senja. jbc

 

jadwalbalapdotcom

admin jadwalbalapcom and gembelgaul.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *