Bengkel

10 Penyebab Baterai Lithium EV Mudah Drop

10 Penyebab Baterai Lithium EV Mudah Drop
10 Penyebab Baterai Lithium EV Mudah Drop

Jadwalbalap.com – Baterai lithium pada umumnya mempunyai masa usia pakai dimana nantinya akan mengalami degradasi (drop).

Baterai motor listrik sendiri umumnya menggunakan sel lithium-ion atau lifepo4. Apa saja hal yang bisa menyebabkan baterai motor listrik rusak?

1.Siklus Pengisian dan Pengosongan Berlebihan (Overcharging/Overdischarging)

Jika baterai motor listrik terlalu sering diisi daya melebihi kapasitas maksimum atau dikosongkan hingga level yang sangat rendah, hal ini dapat merusak sel baterai dan mengurangi umur pakai baterai.

2.Suhu Ekstrem

Suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat merusak kinerja baterai. Pemanasan berlebihan selama pengisian atau penggunaan dapat menyebabkan degradasi baterai.

3.Penggunaan yang Intensif atau Pemakaian Berat

Motor listrik yang digunakan secara intensif, seperti penggunaan dalam kondisi lalu lintas berat atau beban berat, dapat meningkatkan keausan baterai.

4.Umur Pakai (Aging)

Seperti semua baterai, baterai motor listrik memiliki umur pakai terbatas. Setelah jumlah siklus pengisian dan pengosongan tertentu, kapasitas baterai akan mulai menurun.

5.Ketidakseimbangan Sel

Ketidakseimbangan kapasitas antara sel-sel individu dalam baterai dapat terjadi, menyebabkan beberapa sel mengalami stres lebih tinggi daripada yang lain.

6.Arus Lebih (Excessive Current)

Arus yang melebihi batas yang ditentukan untuk baterai dapat menyebabkan pemanasan berlebih dan merusak sel baterai.

7.Kondisi Lingkungan yang Tidak Sesuai

Faktor-faktor lingkungan, seperti kelembaban ekstrem atau paparan air, dapat merusak baterai. Juga, baterai yang disimpan dalam kondisi terlalu panas atau dingin dapat mengalami kerusakan.

8.Penggunaan Perangkat Lunak yang Tidak Tepat

Beberapa motor listrik memiliki sistem manajemen baterai (Battery Management System/BMS). Penggunaan perangkat lunak yang tidak sesuai atau kurang tepat dapat menyebabkan ketidakseimbangan sel atau overcharging.

9.Kualitas Baterai yang Rendah

Baterai yang kurang berkualitas atau tidak sesuai dengan spesifikasi motor listrik dapat mengalami kerusakan lebih cepat.

10.Kondisi Fisik yang Tidak Baik

Goncangan atau benturan berlebih pada baterai dapat merusak struktur internal dan sel baterai.

Oleh karena itu, Polytron memberikan solusi sewa baterai 200 ribu perbulan lebih terjangkau daripada beli baterai saja bisa puluhan juta.

Ini diterapkan pada tipe Polytron Fox-R dengan pembayaran via aplikasi Polytron EV yang bisa di unduh di Playstore atau IOS. jbc

 

jadwalbalapdotcom

admin jadwalbalapcom and gembelgaul.com

Tinggalkan Balasan