News

Rakata Join DCI Untuk Riset Swap Battery

Rakata Join DCI Untuk Riset Swap Battery
Rakata Join DCI Untuk Riset Swap Battery.

Jadwalbalap.com – Rakata Motorcycle sebagai salah satu merk kendaraan listrik ternama di tanah air berkolaborasi dengan perusahaan manufaktur komponen otomotif Dharma Controlcable Indonesia (DCI) untuk mengembangkan sistem tukar batere.

Penandatanganan kerjasama itu antara Rakata dan Dci terjadi saat Pada gelaran IIMS 2023 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat (16-26/2/23) kemarin.

Kerjasama ini menandakan bahwa Rakata mendukung pertumbuhan ekosistem motor listrik di Indonesia dan berpartisipasi dalam pengembangan teknologinya terutama baterai.

Unsur terpenting dari motor listrik adalah baterai karena selama ini high price lithium batarai masih tinggi, adanya kerjasama ini embuat motor listrik lebih murah dan dijangkau oleh kalangan menengah ke bawah hingga mewujudkan zero emition di tahun 2050 nanti.

baca juga : lagi cari charger HP motor ? bikin saja sendiri

Tahun 2023 merupakan tahun kelima setelah diterbitkannya Perpres no 55 tahun 2019 mengenai kendaraan listrik. Selama 4 tahun ini peningkatan penjualan kendaraan listrik terus meningkat, tercatat penjualan tahun 2022 mencapai 28 ribu unit. Akan tetapi, pertumbuhan penjualan motor listrik masih terkendala infrastruktur pengisian batere.

Mulai tahun 2023, Lokasi penukaran batere tersebut akan ditargetkan tersebar di semua Jakarta dan selanjutnya secara bertahap dipasang di semua kota besar di Indonesia.

“Dengan adanya kerjasama ini, kami optimis akan meningkatkan minat masyarakat untuk membeli kendaraan listrik yang ramah lingkungan karena berkendara motor listrik menjadi semakin nyaman” Ujar Eko Maryanto, Presiden Direktur PT Dharma Controlcable Indonesia.

Gebrakan DCI selaku perusahaan nasional di bidang otomotif tidak hanya di stasiun penukaran batere karena saat ini DCI juga telah memproduksi Lithium Battery Pack terutama type Lithium NMC 811 yang merupakan teknologi battery terkini.

baca juga : alat ajaib ini bisa mendeteksi jalur kabel yang putus

“Kerjasama ini merupakan milestone penting Rakata Motorcycle dalam mencapai visi untuk memproduksi motor listrik RAKATA dengan TKDN tinggi” ungkap Michael Mahendra, Direktur Rakata Motorcycle.

Swap Batteray akan diterapkan pada model Bataraz X milik Rakata yang model hibrid, bisa dual mode memakai pengerak rantai dengan kayuh kaki dan bisa dirubah menjadi motor listrik. Baterai sendiri berbentuk back pack mini yang ditempatkan depan agar mudah diremove dan diisi ulang. jbc

 

 

jadwalbalapdotcom

admin jadwalbalapcom and gembelgaul.com

Tinggalkan Balasan

This will close in 0 seconds