Bikin Charger HP Motor Sendiri di Honda Genio

bikin charger HP motor sendiri

Daripada beli baru, kita bikin aja charger HP motor sendiri.

Jadwalbalap.com – Fitur charger HP di honda genio jarang diexplore lebih lanjut oleh para usernya. Fitur ini hanya sekedar numpang lewat saja tapi manfaatnya luar biasa, charger HP di Genio dalam joknya. Kenapa tidak sering digunakan ?. Karena harus memakai car charge sebagai unit chargernya.

Diketahui output dari charge Honda Genio adalah 12-13 volt sesuai standarnya. Maka ini berarti tidak cocok dengan karakteristik Handphone android pada umumnya yang konsumsinya 4-5 volt saja. Jika dipaksakan tanpa converter maka dipastikan HP akan jebol.

charger HP

Bahan-bahan untuk membuat charger HP di Honda Genio

 

Beli car charger dipasaran bisa kisaran 30-50 ribu per-unit. Daripada mahal-mahal yuk kita bikin saja sendiri. Murah meriah tan sampai 15 ribu saja charge converter dari 12 volt ke 5 volt. Bahan dibutuhkan IC 7812 dan IC 7805, kedua item ini adalah inti komponen. IC 7812 ini untuk menstabilkan input dari arus Honda yang kemungkinan  kelebihan daya dan IC 7805 ini sebagai step down arus 12 volt menjadi 5 volt.

honda genio

IC 7812 dan 7805 jadi komponen utama.

Komponen berikutnya kapasitor sebagai penguat dan penyimpan ukuran 2200 uf/25 V dan 220 uf/16 V. Komponen tambahan lainnya yang tak kalah pentingnya dioda IN4007 sebagai pengaman agar tidak terbolak-balik jalur – dan + saat dipasangkan.

charger HP

Skema sederhana bikin charger HP motor sendiri di Honda Genio.

Optional lainnya resistor 1K dan LED untuk indikator on/off agar diketahui arus masuk atau tidak,  kalian bisa dicek pada skema elektroniknya.

baca juga : cara membaca kaki pin CDI Honda Grand

Setelah semua bahan yang dibutuhkan telah terkumpul. Kalian tinggal merakitnya ke PCB berlubang dan bentuknya disesuaikan dengan wadahnya. Kebetulan disini memakai box hitam kecil yang bisa didapatkan di toko elektronik.

honda genio

Rakit semua komponen dalam satu wadah agar lebih safety.

Solder semua kaki komponen yang berada di PCB sesuaikan dengan skema elektroniknya dan sambungkan dengan kabel (jangan sampai keliru). Jika salah sambung atau pasang berakibat komponen rusak, teliti sebelum mensolder.

charger genio

Pengetesan berhasil mampu mengeluarkan daya 2A 5 V.

Kabel inputnya memakai colokan car charger dan output USB tipe male, jangan sampai kebalikan sesuaikan dengan skemanya. Setelah itu kalian rakit semua, dengan menggunakan lem tembak serta baut untuk penguat agar tidak lepas. Kemudian tinggal tes dan hasil pengetesan mampu mengeluarkan 5 V  dan 2A dan sudah teruji tokcer.jbc

Bahan-bahan :

IC1 : 7812

IC2 : 7805

C1 : 2200 uf/25 V

C2 : 220 uf/16 V

D : IN4007

R : 1K

LED

PCB

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *